CMS JOOMLA : Membuat Web Design Dengan JOOMLA CMS

Ketika pertama kali belajar membuat web site, saya sangat report sekali dan membutuhkan waktu serta ide – ide yang terkadang sampai sebulan. Harus mencari bentuk template serta report membuat perintah yang semuanya di design sendiri. Dengan perkembangan teknologi informasi berupa content menjadikan sebuah system yang sangat membantu sekali. Tapi banyaknya pilihan terkadang juga membuat kita bingung saya sendiri masih familiar dengan JOOMLA.

Contoh Situs dengan Joomla

Sistem manajemen konten ( Dalam bahasa inggris disebut content management System, disingkat CMS) merupakan perangkat lunak yang sangat membantu pola design template. Sehingga memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

• aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
• aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CMA memperbolehkan manajemen isi yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language), untuk mengatur pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.
Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si pemilik situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:
• Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
• Portal
• Galeri foto
• Aplikasi E-Commerce.
• Mengelola website pribadi / blog.
• Dan lain-lain.
Salah satu perangkat lunak Content Management System yang dikenal luas yaitu MediaWiki, perangkat lunak yang dipakai di Wikipedia dan proyek-proyek sejenis. Banyak sudah komunitas CMS Indonesia yang dapat dijadikan sebagai referensi.

3 Komentar

Buat komentar anda

Fendi mengatakan…
terima kasih kerana melawat blog
saya iaitu motojhiro.blogspot.com,
tetapi url telah di tukar kepada kondo227.blogspot.com
Anonim mengatakan…
Download software, Free software download : http://www.techsofts.com
Software Bali mengatakan…
untuk motojhiro terima kasih atas kunjungannya.

untuk laptop review jika berminat tukaran banner silahkan kirim filenya via e-mail nanti saya link. terima kasih salam kenal.