Sistem Proses Tahunan Untuk Keuangan Sekolah

Istilah "Tutup Buku" bagi pengelola bagian keuangan sudah tidak asing lagi, karena dilakukan hampir setiap tahun. Istilah tersebut kerap muncul dalam bidang ekonomi perusahaan dagang dan jasa, Akan tetapi dalam istilah koperasi muncul istilah lain lagi yaitu "Proses Tahunan". Kedua istilah ini sebenarnya sama hanya kebiasaan kita yang membedakannya
dalam kaitanya software untuk sistem komputerisasi khusus SIMASKOP, yang menerapkan sistem komputerisasi administrasi sekolah maupun unit pendidikan tetap menyesuaikan dengan keadaan masing - masing sekolah.
Pada program SIMASKOP khususnya sistem keuangan tetap menggunakan periode januari sampai desember, sedangkan untuk laporan SPP menerapkan sistem tahun ajaran yaitu bulan Juli sampai Bulan juni tahun berikutnya.

Ada lagi istilah "RUGI/LABA" atau "LABA/RUGI", kedua istilah ini juga sering membuat orang bingung. Tetapi lebih cenderung pemilik perusahaan memilih LABA/RUGI alasannya saya mau untuk saja tidak mau rugi. karena kalau RUGI/LABA terkesan keadaan perusaahaan tersebut mengalami kerugian...saya juga tidak mau..
AKan tetapi dalam istilah ada istilah SHU kependekan dari (Sisa Hasil Usaha), yang tidak lain tujuannya juga menggantikan fungsi nama account tersebut dalam sistem akutansi...

Post a Comment

Buat komentar anda