Timetable : Software Jadwal Pelajaran

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan hampir di sekolah setiap awal tahun pelajaran baru, bahkan setiap awal semester yaitu menyusun jadwal pelajaran. Sehingga memerlukan perencaan yang akurat dalam pembuatannya. Karena berkaitan dengan :

1. Jumlah jam mengajar tiap guru bidang studi.

Membuat detail jam pelajaran untuk masing guru bidang studi untuk membuat proses pembagian pada masing - masing kelas.



2. Membagi bidang studi tiap kelas dan tingkat, agar merata dalam seminggu.

proses ini untuk membuat tiap mata pelajaran terbagi secara merata dalam seminggu.





3. Menjadwal guru bidang studi tidak terbentur dengan waktu mengajar.



Meskipun demikian bisa menyusun jadwal pelajaran dilakukan secara manual, atau bisa sedikit lebih maju dengan menggunakan program spreadsheet seperti Microsoft excel atau lotus. Masih kurang memadai. Mungkin bisa saja dibuat dengan menggunakan logika-formula yang disedikan program Microsoft Excel. Kalau tidak berpengalaman agak repot dalam membuat logikanya.


Resiko yang harus ditanggung bagi pengusun jadwal pelajaran bila kurang teliti yaitu di komplain rekan guru yang akan mengajar. Lebih rumit lagi kalau kelasnya cukup banyak dengan jumlah guru yang kurang memadai. Bahkan ada guru yang mengajar sampai lebih dari 3 bidang studi.

Banyak jenis software yang bisa membantu dalam pembuatan jadwal pelajaran yang praktis dan otomatis misalnya saja ascTimeTable atau www.lalescu.ro. Konsepnya pembuatanya yaitu bagaimana mempermudah pengguna dengan cara menyediakan software aplikasi GUI (Graphic User Interfaces).

5 Komentar

Buat komentar anda

Health Care mengatakan…
wah ini sebuah blog yang sangat membantu bagi pembaca, dan perlu lebih dipublikasikan. bagaimana kalau kita saling link????
Health Care mengatakan…
sebuah blog yang penuh dengan software dan sangat perlu di link maka balischoolsoftware telih di link www.bbawor.blogspot.com di menu link
Software Bali mengatakan…
terima kasih atas kunjungannya, mohon saran dan kritik untuk pengembangan software selanjutnya..salam blogger mania.
Anonim mengatakan…
makacih infonya sangat berguna
Bambang Suryantono mengatakan…
saya adalah guru yang sering ditugasi membuat jadwal pelajaran. tolong kirimi aku software. terima kasih